DINAS PARIWISATA GUNUNGKIDUL PILIH HARI JUMAT MENUTUP SELURUH WISATANYA, MENGAPA?

Gunungkidul TV – Seperti diberitakan sebelumnya, Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul di awal tahun 2021 melakukan gebrakan baru untuk ‘melindungi’ Destinasi Wisata di masa bencana nasional non alam Pandemic Covid-19 dengan memilih menutup Obyek Wisatanya setiap Hari Jumat. Mengapa Hari Jumat yang dipilih Dinas Pariwisata? Berikut adalah hasile wawancara kami dengan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Ir. Asti Wijayanti.

Nggeh Bu, Sebelumnya Dispar memilih Hari Senin untuk menutup Tempat Wisata di Gunungkidul, mengapa tahun ini pindah ke Hari Jumat?

“ya mas, sebelumnya Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul memutuskan setiap Hari Senin menutup seluruh tempat wisatanya, dimana untuk melakukan penataan ulang, melakukan penyemprotan disinfektan, dan memberikan kesempatan para pelaku wisata baik Pokdarwis, yang punya usaha di bidang pariwisata untuk bernafas serta mengistirahatkan diri agar lebih maksimal lagi untuk menerima para wisatawan yang datang di obyek wisatanya. Lalu di awal tahun ini, selama Bulan Januari 2021 Dinas Pariwisata memilih mengganti Hari Jumat untuk menutup seluruh wisatanya, ini adalah hasil evaluasi dari melihat lapangan dan masukan dari berbagai pihak pelaku wisata di Kabupaten Gunungkidul, karena ternyata setiap Hari Senin masih ada wisatawan yang berkunjung ke Obyek Wisata Gunungkidul. Dengan masih banyaknya wisatawan yang berkunjung, tetapi di saat yang sama ditutup maka pengawasan dalam hal pemutusan perkembangan covid-19 menjadi kendor dan ‘liar’.

Pergantian menjadi Hari Jumat sebagai penutupan seluruh Destinasi Wisata di Gunungkidul, bagaimana teknisnya?

Untuk teknis penutupan di lapangan nantinya akan diberlakukan setiap Hari Jumat, dengan efektif penutupan mulai jam 8 pagi hingga jam 4 sore mas. Ini lebih cepat daripada saat kami memberlakukan penutupan di Hari Senin, yang dimana sebelumnya kita menutup seluruh Destinasi Wisata di Gunungkidul mulai dari Hari Ahad jam 6 sore sampai Hari Senin jam 12 malam.

Beberapa orang mengeluhkan hari Jumat kalau ditutup akan merugikan para pelaku wisata Bu, karena hari Jumat merupakan weekend dan biasanya wisatawan banyak berwisata, tanggapan ibu?

Betul mas, wisatawan di Gunungkidul memang banyak juga yang berwisata di Kabupaten Gunungkidul di weekend yakni Sabtu dan Ahad, kalau berdasarkan hasil pengamatan di lapangan dan masukan dari berbagai pihak, wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul biasanya dimulai dari Hari Jumat sore di atas ketinggian jam 4 sore. Kami memilih Hari Jumat karena memang biasanya di Hari Jumat, hampir seluruh Pokdarwis di Tempat Wisata Gunungkidul melakukan kegiatan bersih-bersih. Maka kami berlakukan penutupan seluruh Destinasi Wisata di Gunungkidul di Hari Jumat mulai jam 8 pagi hingga 4 sore, yang dimana biasanya jam jam ini adalah jam sepi pengunjung karena memang untuk waktunya relatif lebih pendek dan sering fokus untuk beribadah di Hari Jumat.

Di berbagai grup WA dan di lapangan banyak mengeluhkan Bu, sudah banyak para jasa wisatawan seperti travel, bus pariwisata, dan lain sebagainya terlanjur sudah reservasi di Hari Jumat untuk bulan ini. Tanggapan ibu seperti apa?

Nggeh mas, untuk para jasa wisatawan baik itu travel, bus pariwisata, persewaan kendaraan, penginapan, dan unsur lainnya, Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul tetap memberikan kelonggaran untuk ini. Kelonggaran yang dimaksud adalah memang aturan ini semuanya bergerak cepat dan terkesan mendadak karena baru diputuskan di awal tahun 2021 dan memang kita masih di masa bencana nasional non alam covid19 semua aturan relatif lebih cepat, maka masih diperbolehkan untuk para pelaku usaha dan wisatawan untuk berkunjung di Hari Jumat asalkan saat di pintu masuk Destinasi Wisata menunjukkan bukti reservasi di Bulan Desember 2020. Jika tidak memberikan bukti reservasi, mohon maaf setiap Hari Jumat di jam 8 pagi sampai 4 sore dipersilakan untuk berbalik arah dan kembali, setelah jam 4 sore boleh dipersilakan berkunjung ke destinasi wisata.

Untuk informasi Media Partner, Liputan, Beriklan, dan LIVE STREAMING dapat SMS/WA di 0817273158 atas nama Immawan Muhammad Arif

Simak juga Gunungkidul TV di
Fanspage Facebook (klik di sini)
Akun Instagram (klik di sini)
Akun Twitter (klik di sini)
Google Map Gunungkidul TV (Studio Wonosari klik di sini Kantor Administrasi klik sini).

Comments

comments

__Terbit pada
Januari 5, 2021
__Kategori
Wisata