GEMA HANDAYANI DAN GUNUNGKIDUL TV BERKOLABORASI MENDAMPINGI PARIWISATA DI KALURAHAN SONGBANYU GIRISUBO

Gunungkidul TV – Pokdarwis Mutiara Selatan yang berada di Kalurahan Songbanyu, Kapanewon Girisubo merupakan kelompok sadar wisata yang baru terbentuk atas prakarsa Gema Handayani, Media Gunungkidul TV, dan warga masyarakat.

Dengan beranggotakan warga masyarakat sekitar, Pokdarwis Mutiara Selatan bertekad untuk mengelola objek wisata di Kalurahan Songbanyu, Kapanewon Girisubo secara mandiri sehingga harapannya pemasukan juga digunakan untuk kepentingan warga masyarakat Kalurahan Songbanyu itu sendiri. “Jangan sampai seperti kebanyakan yang sudah-sudah, objek wisata dikelola oleh orang lain sedangkan warga masyarakat sekitar bisa dikatakan hanya menjadi penonton saja” Tandas Subardiono selaku Ketua Gema Handayani yang turut membina Pokdarwis Mutiara Selatan bersama Gunungkidul TV.

Terlihat pada Ahad (28/02), Gema Handayani bersama Pengurus & Anggota Pokdarwis Mutiara Selatan melakukan kerjabakti membersihkan kawasan Objek Wisata Pantai Krokoh. Bahkan Ketua & Sekjen Gema Handayani, Subardiono dan Mas Imuhar juga bermalam di Rumah Arintaka, salah satu pengurus Pokdarwis Mutiara Selatan yang juga merupakan Dukuh Padukuhan Gesik untuk melakukan observasi & pendampingan pengembangan Wisata di Pantai Krokoh.

Pendampingan di Pantai Krokoh dan Masyarakat Songbanyu telah mendapatkan restu dari Bupati Gunungkidul, H. Sunaryanta. “Setelah beberapa hari bermalam di Kalurahan Songbanyu, saya mendapati beberapa keluhan warga masyarakat utamanya bidang infrastruktur seperti akses jalan Kabupaten yang belum diaspal, air bersih yang baru mengalir seminggu sekali, serta sulitnya mendapat sinyal telekomunikasi. Alhamdulilah untuk keperluan air bersih hingga menuju Pantai Krokoh sudah langsung saya koordinasikan melalui telefon kepada Bapak Bambang selaku dewan pengawas PDAM, kemudian siang harinya atas perintah Bupati beliau langsung ke Kalurahan Songbanyu. Alhamdulilah terkait sarana air bersih bisa langsung ditindaklanjuti oleh PDAM. Semoga permintaan masyarakat yang lainnya terkait infrastruktur di Kalurahan Songbanyu ini juga segera mendapat respon dari Pemerintah, Melihat antusiasme warga masyarakat sekitar yang luar biasa menaruh harapan besar atas kepemimpinan Bupati Baru Gunungkidul, H. Sunaryanta”, Ucap Subardiono.

Pendampingan ini merupakan tindak lanjut dari eksplorasi media Gunungkidul TV sejak tahun lalu, yang kemudian mendapati beberapa Potensi Kalurahan utamanya potensi Pariwisata, sehingga menggerakkan warga masyarakat untuk membentuk dan mendaftarkan Pokdarwis Mutiara Selatan di Dinas Pariwisata Gunungkidul. (Red)

Comments

comments

__Terbit pada
Maret 4, 2021
__Kategori
News