Home / News / Ikhtiar Putuskan Persebaran Corona, Masyarakat Planjan Buat Ruangan Semprot Disinfektan

Ikhtiar Putuskan Persebaran Corona, Masyarakat Planjan Buat Ruangan Semprot Disinfektan

Gunungkidul TV – Masyarakat Desa Planjan melakukan ikhtiar untuk memutus penyebaran virus #covid19 #corona dengan membuat ruangan khusus untuk penyemprotan disinfektan.

Sebuah bilik disinfektan ini dilengkapi alat penyempot kabut disinfektan ke tubuh orang yang diwajibkan melewatinya. Alat mirip ruang inkubator yang dindingnya cukup dari plastik. Mulai beroperasi Rabu, 25 Maret 2020 pukul 17.00 wib. Selain alat tersebut juga di sediakan 2 wastafel di depan kantor balai desa, serta pembagian obat disinfektan ke 14 padukuhan di desa planjan untuk segera dilakukan penyemprotan di rumah warga masyarakat secara bersama sama.

Kepala desa planjan Muryono asih sulistiyo mengintruksikan kepada pemangku wilayah padukuhan dalam hal ini pak dukuh untuk bertindak tegas terhadap warganya yang hendak pulang dari luar kota ataupun pelajon untuk berhenti sejenak di depan kantor balai desa untuk dilakukan penyemprotan di bilik desinfektan. Melalui langkah dan upaya yang ditempuh itu, Kepala Desa  berharap agar setiap usaha yang dilakukan berbuah manis. Sehingga, penyebaran Covid-19 di kabupaten gunungkidul umumnya dan di Desa planjan khususnya  dapat ditekan sebagaimana yang selama ini diharapkan masyarakat. Sebelumnya kepala Desa juga menekankan agar masyarakat tak panik dengan kondisi saat ini. beliau mengimbau agar  masyarakat senantiasa menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan selalu berolahraga.

Selain itu, hendaknya menghindari keramaian untuk sementara waktu dan rutin menjaga diri dengan cara rutin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir serta mengkonsumsi vitamin C, melakukan penyemprotan desinfektan untuk menghalau penyebaran penularan virus tersebut  tandasnya.

Sedangkan menurut Budi Setiyanto, Sekretaris Desa Planjan Saptosari mengungkapkan pembuatan alat ini sekisaran 7 juta, dengan harapan untuk dapat memutuskan penyebaran virus covid19 atau Corona di Kalurahan Planjan Saptosari.

Informasi update Corona di Gunungkidul per 25 Maret 2020 jam 14.00 tercatat Positif 1 orang dan Meninggal Dunia 1 orang merupakan PDP (Pasien Dalam Pengawasan). 1 orang MD terkonfirmasi dikarenakan gagal ginjal bukan terkonfirmasi positif Corona.

Stay safe, stay healty, stay at home.
Please jangan mudik dulu

Kiriman: Budi Setiyanto Sekdes Planjan
Lokasi: Kompleks Balai Desa Planjan

Simak juga Gunungkidul TV di
Fanspage Facebook (klik di sini)
Akun Instagram (klik di sini)
Akun Twitter (klik di sini)
Google Map Gunungkidul TV (Studio Wonosari klik di sini Kantor Administrasi klik sini)

Kantor Redaksi Gunungkidul TV:
Dusun Kepek II, Rt. 01/09 Desa Kepek, Wonosari Gunungkidul DIY. WA/sms. 0817273158. Email: gunungkidultv@gmail.com

#corona #newsgunungkidul #covid19 #coronagunungkidul #gunungkidultv #tvgunungkidul

Cobi Dicheck Maleh Penulisanipun

Pagi Tadi, Gelombang Pantai Drini Gunungkidul Naik Sampai Jalan Aspal

Gunungkidul TV – Kondisi kenaikan gelombang air laut di Pantai Drini, kondisi mencapai area warung …