Home / Seni Budaya / Babad Dalan 2019 Dimeriahkan Oleh 5000 Warga Pamerkan Seluruh Potensinya

Babad Dalan 2019 Dimeriahkan Oleh 5000 Warga Pamerkan Seluruh Potensinya

Gunungkidul TV – Tradisi Babad Dalan Sodo tahun 2019 kali digelar di Bulan Juni, sebagai salah satu rangkaian kegiatannya diadakan kirab budaya mengelilingi jalan desa Sodo Paliyan.

Kirab Babad dalan 2019 diikuti oleh 5000 warga masyarakat Desa Sodo dari 5 padukuhan di dalamnya dengan menampilkan segala potensi yang dimiliki di Desa Sodo Kecamatan Paliyan. Baik itu Seni, Budaya, Olahraga, dan lain sebagainya.

Dikisahkan Babad Dalan ini bermula dari kisah turun temurun, yakni warga Desa Giring dan Sodo pernah terjadi wabah atau pagebluk. Kemudian para tokoh masyarakat menyarankan agar masyarakat berdoa kepada Allah SWT dengan berwasilah kepada leluhur mereka yaitu Ki Ageng Giring. Atas saran tersebut, warga kemudian berupaya mencari makam Ki Ageng Giring. Pada saat mencari makam tersebut inilah sepanjang jalan mereka membersihkan dalam bahasa jawanya Babad jalan menuju lokasi makam.

Simak Live Streaming Gunungkidul klik di sini

Untuk informasi Media Partner, Liputan, Beriklan, dan LIVE STREAMING dapat SMS/WA di 0817273158 atas nama Immawan Muhammad Arif

Simak juga Gunungkidul TV di
Fanspage Facebook (klik di sini)
Akun Instagram (klik di sini)
Akun Twitter (klik di sini)
Google Map Gunungkidul TV (Studio Wonosari klik di sini Kantor Administrasi klik sini).

Kantor Redaksi Gunungkidul TV:
Dusun Kepek II, Rt. 01/09 Desa Kepek, Wonosari Gunungkidul DIY. Telp. (0274) 2910840. WA/sms. 0817273158. Email: gunungkidultv@gmail.com.

LINE it!

Comments

comments

Check Also

Tari Gambyong oleh Alumni SMAN 1 Wonosari Angkatan 1969

Share this on WhatsAppGunungkidul TV – Video ini merupakan penampilan tari gambyong oleh alumni SMA Negeri …