Astronocamp dan leadership UGM di Baron Technopark

UGM dan UAD Adakan Leadership Camp dan Astronomi Camp Di Baron Techno Park – TV Gunungkidul


Gunungkidul TV – UGM adakan leadership camp di Baron Technopark yang diadakan pada hari Jumat – Sabtu,13 – 14 Oktober 2017 dengan diikuti oleh 150 peserta. Menurut press rilis dari UAD, kegiatan ini bernama WALANG (Wisata Langit) yang dilaksanakan dalam bentuk Star Party Astrocamp atau perkemahan astronomi pesta bintang. Astrocamp ini dipandu oleh Pusat Studi Astronomi Universitas Ahmad Dahlan yang berasal dari dosen dan mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika dan Magister Pendidikan Fisika menyediakan setidaknya 7 teleskop dan peralatan observasi astronomi lainnya. Peserta Astrocamp yang berasal dari dosen dan mahasiswa MM UGM antusias mengikuti Astrocamp. Semakin larut malam, semakin banyak obyek langt menarik yang dilihat. Terlebih langit daerah Gunungkidul khususnya Baron Techno Park masih bagus, tingkat polusi cahayanya masih rendah, kondisi langit ini yang susah didapati oleh warga yang berada di kota besar.

Sehingga Wisata Langit malam ini menjadi salah satu jenis wisata yang unik dan menarik sekaligus wisata edukasi yang menawarkan sensasi menikmati keindahan langit malam. Meskipun cuaca saat itu sedikit mendung, namun sejumlah bintang terlihat.

Achernar, bintang terang di rasi bintang Eridanus yang terletak sejauh 139 tahun cahaya dari tata surya kita bersinar di langit selatan. Gugusan bintang Pleaides atau lintang Kartika yang dikenal sebagai bintang tujuh di rasi bintang Taurus menjadi daya tarik tersendiri di langit Timur. Peserta Astrocamp tidak hanya mendapatkan kesempatan mengamati bintang dengan menggunakan teleskop, namun juga berdiskusi tentang teleskop, aplikasi astronomi, alam semesta dan pentingnya menjaga lingkungan terutama untuk mengurangi polusi cahaya. Bulan sabit tua, Nebula Orion tempat rahimnya bintang-bintang dan sejumlah meteor menjadi obyek langit penutup Astrocamp di Baron Techno Park malam itu. Dengan keindahan langit malam di baron Techno park menjadi semakin melengkapi fasilitas yang telah ada dan membuat wisata edukasi semakin menarik.

Simak juga Gunungkidul TV di
Fanspage Facebook (klik di sini)
Akun Instagram (klik di sini)
Akun Twitter (klik di sini)
Google Map Gunungkidul TV (Area Wonosari klik di sini basecamp pusat klik sini)

Basecamp Gunungkidul TV
1. Dusun Kepek II, Rt. 01/09 Desa Kepek Wonosari Gunungkidul DIY
2. Dusun Blimbing, Rt. 10/02 Desa Karangrejek Wonosari Gunungkidul DIY
Telp. (0274) 2910205. WA only. 089640074570. Email: gunungkidultv@gmail.com

Comments

comments

__Terbit pada
Oktober 16, 2017
__Kategori
News