Home / Ragam / Visi Misi Gubernur DIY 2017-2022

Visi Misi Gubernur DIY 2017-2022

Gunungkidu TV – Visi Misi Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X lima tahun mendatang yakni “Menyongsong Abad Samudera Hindia untuk Kemuliaan Martabat Manusia Jogja “

Visi-misi tersebut dilatarbelakangi sejumlah pemikiran diantaranya terkait dengan fenomena IORA (Indian Ocean Rim Association) yang pernah digagas Nelson Mandela pada 1995 dan didirikan pada 1997 dan inspirasi fenomena Kra-Canal atau Thai-Canal Project yang merupakan proyek penghubungperairan Laut Andaman – Teluk Thailand untuk memperpendek jarak pelayaran belahan bumi bagian barat ke negara negara Asia.

Sri Sultan Hamengku Buwono X menilai peran kawasan wilayah Pulau Jawa bagian selatan sangat penting, terutama dalam hal penyediaan jasa pelabuhan, energi, perikanan, dan pariwisata.

Visi dan misi ini harus dimaknai bahwa jangan sampai kedepan warga masyarakat DIY jadi penonton di rumahnya sendiri sehingga tingkat angka kemiskinan di DIY pun masih tinggi yaitu,13,02 persen, sementara target pemerintah DIY kedepan/ /lima tahun mendatang angka kemiskinan harus dibawah angka kemiskinan rata-rata nasional BPS tahun 2017 yaitu 10,96 persen.

Kesenjangan antara warga kaya dan warga miskin di DIY juga cukup tinggi dengan angka rasio Gini sebesar 0,432, tertinggi di Indonesia.

Jika dikaitkan antara filosofi Keistimewaan DIY dengan Visi 2017-2022 sangat gayut dengan trilogy Filosofi Keistimewaan Yogyakarta yakni: Hamemayu Hayuning Bawana, Sangkan Paraning Dumadi, dan Manunggaling Kawula Gusti. Jadi tema “Abad Samudra Hindia “, secara tegas meneguhkan kembali sumbu imajiner Gunung Merapi – Laut kidul yang memiliki makna dan ajaran harmoni kosmos.

***) Ditulis oleh: Slamet, S.Pd. (Edisi lihat-lihat dokumen Rapur Istimewa ttg penyampaian visi misi calon gubernur DIY pada 02-08-2017 yang lalu)

Simak juga Gunungkidul TV di
Fanspage Facebook (klik di sini)
Akun Instagram (klik di sini)
Akun Twitter (klik di sini)
Google Map Gunungkidul TV (Studio Wonosari klik di sini Kantor Administrasi klik sini).

Kantor Redaksi Gunungkidul TV:
Dusun Kepek II, Rt. 01/09 Desa Kepek, Wonosari Gunungkidul DIY.
Telp. (0274) 2910840. WA/sms. 0817273158. Email: gunungkidultv@gmail.com

#srisultanhbx #sultanjogja #visimisigubernurdiy #jogja #jogjaistimewa #gunungkidul #gunungkidulhandayani

Comments

comments

Check Also

Ayo DUkung Pantai Wedi Ombo

Dukung Wedi Ombo di Anugerah Pesona Indonesia

Share this on WhatsApp Gunungkidul TV – Dalam Ajang Anugerah Pesona Indonesia, Pantai Wedi Ombo bersama destinasi …