Home / News / Imlek Itu Perayaan Apa?

Imlek Itu Perayaan Apa?

Gunungkidul TV – Tidak sedikit orang yang salah mengartikan Imlek adalah Hari Raya Agama Buddha karena banyak Vihara yang merayakan.

Padahal Imlek bukanlah Hari Raya suatu Agama, bukan juga Hari Raya Agama Buddha, Tao, ataupun Kong Hu Cu.

Imlek merupakan suatu Perayaan Tradisi Tionghoa menyambut musim semi dan berakhirnya musim dingin yang dilakukan oleh Suku Bangsa Tionghoa di Tiongkok (China), yang dalam perkembangannya ditetapkan sebagai hari penggantian tahun.

Imlek berasal dari Dialek Hokkian, artinya ‘Kalender Lunar’ (Im= Lunar atau bulan; Lek = Kalender). Dalam Dialek Mandarin Imlek adalah ‘YINLI’. engan demikian Tahun Baru Imlek artinya Tahun Baru yang dihitung berdasarkan peredaran bulan mengelilingi bumi.

Tahun Baru Imlek adalah Tahun Barunya semua orang China terlepas dari AGAMA apa pun yang dianutnya. Orang China yang sudah berpindah Agama apa pun tetap boleh merayakannya tanpa terkecuali.!

Kesalahpahaman mengenai anggapan bahwa Imlek adalah perayaan Agama Buddha / Kong Hu Cu / Tao oleh sebagian besar orang, khususnya di Indonesia, didasari oleh kurangnya informasi yang benar dan melekatnya stigma dan sikap penyama rataan bahwa Warga Keturunan Etnis Chuna pastilah ber Agama Buddha / Tao atau Kong Hu Cu, dan Agama Buddha adalah Agama khusus warga keturunan etnis China.

Sehingga ketika umat Buddha Indonesia yang sebagian besar terutama di perkotaan adalah keturunan etnis China merayakan Imlek, maka sebagian besar orang beranggapan bahwa Imlek adalah Hari Raya Agama Buddha. Padahal bukan.

Imlek adalah merayakan datangnya musim semi di China, tidak ada kaitannya dengan Agama.

Tapi karena yang beragama itukan manusia, maka manusianyalah yang ingin merayakan dengan Agamanya, termasuk umat Buddha yang keturunan China.” Imlek jangan hanya diisi dengan sembahyang dan pesta makan-makan saja, melainkan dijadikan moment untuk merenung dalam setahun lalu apa yang sudah kita lakukan. Apa yang sudah baik dipertahankan dan terus dikembangkan, apa yang buruk ditinggalkan.

Selamat Memyambut Tahun Baru Imlek, tanggal 5 Februari 2019.

Comments

comments

Check Also

Entho Entho Kuliner Legenda Ponjong | Inspirasi Usaha #02

Share this on WhatsApp Gunungkidul TV – Kabupaten Gunungkidul sudah dikenal banyak orang dengan banyaknya …