PANTAI JOGAN PURWODADI TEPUS TAWARKAN KEUNIKAN LAYAKNYA MCWAY BEACH WATERFALL CALIFORNIA

Gunungkidul TV – Tepus (02/06), Luar biasa keindahan Pantai di Kabupaten Gunungkidul, tak terkecuali dengan pantai satu ini. Pantai Jogan namanya, terletak di Kalurahan Purwodadi Kapanewon Tepus.

Kabupaten Gunungkidul memang sudah dikenal mempunyai banyak pantai yang indah luar biasa, dengan panjang pantai terpanjang se Daerah Istimewa Yogyakarta tentu pasti akan memiliki ratusan pantai yang ciamik dan mempunyai ciri khas masing-masing.

Pada umumnya pantai di Gunungkidul ini diwarnai dengan hamparan pasir putih cantik dengan air laut yang biru dan jernih akan tetapi agak sedikit berbeda dengan Pantai Jogan ini. Pantai satu ini dikenal unik, karena memang tidak memiliki batasan langsung dengan laut dan bahkan tidak mempunyai pasir putih layaknya pantai di Gunungkidul lainnya.

Pantai Jogan ini uniknya meenyajikan layaknya McWay Beach Waterfall yang berada di Negeri Barat Kota California, United Stated Amerika atau Amerika Serikat. Yang dimana pantai Jogan memiliki air terjun yang langsung mengalir ke laut selatan jawa (Samudera Indonesia).

Air terjun yang berada di Pantai Jogan ini berasal dari sumber air perbukitan di sebelah utara pantai. Air ini mengalir dari sungai dan bermuara di lautan. Menurut warga setempat, kata Jogan sendiri mempunyai arti lantai atau dasaran dalam bahasa Jawa. Yang mengartikan bahwa aliran air turun ke dasar lautan. Perlu diketahui Air terjun ini mengalir dari tebing dengan ketinggian lebih kurang 10 meter. Di atas tebingnya daratan yang subur dengan tanaman yang hijau dan pohon palma di sekelilingnya. Sedangkan untuk aliran air terjun cukup tenang dan semakin deras jika musim hujan datang. Perbukitan karst menjadi latar air terjun ini. Dan pada bagian dasar air terjun, dipenuhi dengan batuan karang. (Red)

Comments

comments

__Terbit pada
Juni 2, 2021
__Kategori
Wisata