MASYARAKAT NATAH NGLIPAR GUNUNGKIDUL ADAKAN BERSIH SENDANG

Gunungkidul TV – Tradisi positif yang perlu dilestarikan merupakan peninggalan yang luhur, termasuk di Gunungkidul di bulan menjelang Bulan Suro dalam kalender jawa ini, masyarakat nguri uri budaya Rasulan yang hampir semua kalurahan melaksanakannya.

Contohnya di Kalurajan Natah Kapanewon Nglipar Gunungkidul yang terdiri dari tujuh Padukuhan ini. Keenam padukuhan melaksanakan bersama yang dipusatkan di padukuhan Natah wetan di sendang Natah dengan juru kunci Sendang bapak Supriyono, Emban ibu Wagiyem.

Acara rasulan ini diisi dengan berbagai kegiatan antaralain membersihkan lingkungan, acara kesenian sendra tari dari kelompok karang taruna, dilanjutkan orgen tunggal.

 

Masyarakat sangat antusias nenghadiri puncak acara dengan menampilkan kesenian Tayub yang dihadiri pemangku adat, juru kunci sendang Natah, serta dari ormas PEKAT – IB DPD Gunungkidul dan Dukuh Natah bapak Sarno, dalam sambutannya juga menyampaikan dengan rasulan kita bersih dusun, masyarakat makmur ayem tentrem, para petani melimpah hasil panennya.

Comments

comments

__Terbit pada
Juli 26, 2022
__Kategori
News