TIPS MEMILIH PRINTER TERBAIK UNTUK KEBUTUHAN KANTOR

Gunungkidul TV – Fungsi printer untuk mencetak dokumen sampai foto ini membuat Anda harus memilihnya dengan jeli. Bahkan cara memilih printer untuk kantor dibandingkan kebutuhan pribadi pun berbeda. Spesifikasi printer yang diperlukan tidaklah sama.

Khusus untuk kebutuhan kantor yang digunakan untuk mencetak dokumen dalam jumlah banyak sehari-hari, maka produk yang dipilih harus tahan lama. Apa saja spesifikasi printer yang tepat untuk kebutuhan kantor? Yuk cek tips memilihnya.

Cara Memilih Printer yang Cocok untuk Kebutuhan Kantor
Kehadiran internet memudahkan Anda untuk mencari printer mana yang sesuai dengan kebutuhan. Contohnya saja Anda bisa membandingkan beberapa produk sekaligus melalui Blibli. Sekali mengakses Blibli Anda bisa mencari tahu beragam produk lengkap dengan spesifikasi dan harganya bahkan langsung membeli. Beberapa spesifikasi atau fitur yang diperlukan untuk kebutuhan kantor dan cocok untuk dipilih adalah sebagai berikut.
Adanya Fitur Mencetak Massal

Mengingat kinerja printer akan berat karena jam terbang tinggi, maka produk harus memiliki fitur cetak massal. Fitur ini memungkinkan karyawan untuk mencetak dokumen dalam jumlah banyak hanya dengan sekali klik saja. Prosesnya juga tidak membutuhkan waktu lama. Berkat ini kinerja semua karyawan akan lebih cepat dan urusan yang terkait dokumen tersebut akan cepat selesai. Daripada karyawan harus keluar masuk kantor karena mencari tempat percetakan yang bisa mencetak dokumen dalam jumlah banyak.

Kelengkapan Fitur Scan dan Fotokopi. Fitur lain yang tidak kalah pentingnya adalah scan dan juga fotokopi. Jika Anda memiliki kantor yang berukuran kecil, daripada harus membeli mesin fotokopi yang mahal maka membeli printer saja sudah cukup.

Printer yang mempunyai fitur scanner dan photo copy juga sangat membantu pekerjaan karyawan. Mereka tidak harus pergi ke tempat fotokopi dan menghabiskan waktu, padahal hanya satu dokumen saja yang ingin discan atau fotokopi.

Hasil dan Kecepatan Mencetak yang Bagus. Cara memilih printer untuk kantor yang berkualitas juga termasuk kualitas cetak atau hasil yang diberikan. Jika fitur lengkap tapi kualitas cetaknya sering blur atau tinta yang tidak rapi maka percuma saja. Dokumen yang mungkin saja akan diberikan kepada klien perusahaan akan kecewa dengan presentasinya.

Kecepatan mencetak juga turut diperhatikan. Anda tentu tidak mau karyawan bekerja lambat hanya karena menunggu hasil cetak dokumen yang terlalu lama dari printer. Anda bisa mencari tahu berapa kecepatan cetaknya, biasanya printer bisa mencetak dalam hitungan detik dan bandingkan kecepatan antara cetak warna dan hitam putih.
Usia Ketahanan yang Cukup Lama
3. Demi menghemat pengeluaran kantor akan lebih baik jika Anda mencari printer dengan ketahanan paling baik. Tanyakan langsung soal ketahanan ini kepada sales dan customer service yang sedang bertugas.

Jika merasa kesulitan untuk mencari informasi ini secara langsung bisa juga mengeceknya secara online. Cari tahu bagaimana komentar atau review orang yang sudah menggunakan produk tersebut.
Jangan sampai printer justru mudah rusak dan mengganggu aktivitas bisnis. Biasanya kerusakan terdapat pada catridge atau saluran tinta yang tersumbat. Supaya tahu apakah printer awet Anda perlu mencari tahu apakah kerusakan tersebut mudah dan cepat diperbaiki. Menyediakan Layanan Servis Mudah Diakses.

Faktor yang tak kalah penting lagi adalah printer harus mudah perawatannya. Baik itu perawatan sendiri atau mengakses layanan servis dari produsennya. Layanan servis kerap kali bermasalah dan membutuhkan waktu lama agar printer bisa diperbaiki dan digunakan kembali. Cek review dari para konsumen yang sudah pernah menggunakan layanan servis tersebut. Begitu juga dengan bagaimana dengan proses perbaikan di layanan servis apakah berbelit-belit atau tidak.

Cari tahu juga di mana letak tempat servis resmi sehingga Anda tidak kesulitan untuk mengakses layanannya. Penting untuk mencari tahu berapa nomor layanan servis yang mudah dihubungi.
Beli Printer Baru yang Bergaransi
Hindari untuk mempertimbangkan membeli printer bekas, karena risiko kerusakan akan lebih tinggi. Anda tentu tidak ingin bukan membeli printer yang hanya bisa digunakan satu atau dua bulan kemudian rusak.

Oleh karena itu supaya aman, sebaiknya Anda membeli produk printer baru. Mengecek kondisi fisik dan juga segel saat membeli sangat penting untuk tahu bahwa produk tersebut asli. Lebih aman juga jika membeli langsung di distributornya.
Printer dengan Merk Terpercaya
Terakhir jika Anda masih saja bingung adalah dengan membeli printer dari brand terpercaya. Di Indonesia ada beberapa merk printer terpercaya dan sudah lama beroperasi, salah satunya adalah Epson. Epson telah menciptakan produk printer berkualitas untuk memenuhi kebutuhan kantor yaitu Epson L360. Produk ini sudah menggunakan teknologi Micro Piezo yaitu berfungsi untuk membuat cetakan lebih cepat pada tinta warna 15 ppm dan tinta hitam 33 ppm.

Tidak hanya cepat, hasil cetakan dari printer ini lebih akurat baik yang berwarna atau hitam. Anda yang membutuhkan dokumen dengan gambar jelas dan tulisan lebih tajam bisa mengandalkan produk ini. Paling menguntungkan jika Anda menggunakan produk Epson ini adalah kemampuannya yang hemat daya. Sekali beroperasi daya yang dibutuhkan maksimal adalah 13 Watt, sudah bisa printing, scanning dan fotokopi. Ketika printer dalam keadaan stand by juga, daya yang diperlukan adalah 3,8 Watt saja.
Anda bisa meletakan printer dimana saja dan tidak perlu khawatir akan memakan ruang. Didukung dengan body yang ramping, printer bisa diletakan di atas meja dengan mudah.
Inilah cara memilih printer untuk kantor yang bisa Anda ikuti. Jika tertarik membeli Epson L360 ini, Anda bisa langsung mengakses website atau aplikasi Blibli. Ada banyak penawaran yang bisa langsung Anda dapatkan. (Red)

Comments

comments

__Terbit pada
Mei 16, 2022
__Kategori
Ragam